Hlookup dan Vlookup
Microsoft Excel adalah program perangkat lunak multifungsi. Program ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengatur, menghitung, dan menganalisis data menggunakan rumus menggunakan sistem spreadsheet yang dibagi menjadi baris dan kolom.
Rumus Excel, juga disebut rumus, digunakan untuk melakukan penghitungan, memproses informasi, menganalisis konten, pengujian kondisi, dan banyak lagi. Ini membuat segalanya lebih mudah bagi pengguna, terutama dalam hal data dan statistik.
VLOOKUP dan HLOOKUP adalah fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup dan Reference. Fitur ini bisa dibilang basic, jadi jangan heran jika kamu melamar pekerjaan yang berhubungan dengan data. Beberapa perusahaan memastikan bahwa kamu dapat menguasai fitur ini.
Rumus VLOOKUP adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom atau sumber data lain menggunakan kata kunci vertikal tertentu. HLOOKUP, di sisi lain, digunakan untuk mencari nilai di kolom horizontal atau sumber data lainnya.
Rumus VLOOKUP adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom atau sumber data lain menggunakan kata kunci vertikal tertentu. HLOOKUP, di sisi lain, digunakan untuk mencari nilai di kolom horizontal atau sumber data lainnya.
Langkah menggunakan rumus vlookup dan hlookup
VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num).Berikut contoh penggunaan vlookup.
- Buatlah tabel data berikut ini.
- Kemudian buat di sheet baru tabel selanjutnya.
- Untuk mengisi kolom nama customer dan domisili, digunakanlah rumus vlookup.
- Rumus =VLOOKUP(B2;data!$A$1:$D$12;2;0) artinya yaitu
- Jika sudah, tarik ke bawah sel tersebut.
- Untuk kolom domisili, rumusnya sama dengan bagian customer, hanya saja diganti di bagian angka 2, diganti sesuai kebutuhan, karena yang akan diisi adalah domisili, maka diisi angka 4 yang menunjukkan tempat di informasi tabel langkah pertama. =VLOOKUP(B7;data!$A$1:$D$12;4;0) Lalu tarik ke bawah seperti langkah sebelumya.
HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num).Berikut contoh penggunaan vlookup yang merupakan lanjutan contoh di bagian vlookup.
Komentar
Posting Komentar